Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Translate

Blog links

Selasa, 03 April 2012

JEJAK RASUL MENEBARKAN ISLAM SEBAGAI RAHMAT BAGI SEMESTA



  1.    Carly Fiorina, Ceo Of Hewlett Packard Corporation:
    pernah ada sebuah peradaban yang terbesar didunia. peradaban itu mampu menciptakan super negara benua yang membentang dari samudra ke samudra, dan dari iklim utara ke iklim tropis dan gurun.  peradaban ini menaungi  ratusan juta orang, dari berbagai kepercayaan dan suku. salah satu bahasanya (bahasa arab) menjadi bahasa universal sebagian besar dunia, jembatan antara bangsa seratus tanah.
    para tentaranya terdiri dari orang-orang dari berbagai negara, dan perlindungan militernya luar biasa sampai kepada tingkat perdamaian dan kemakmuran yang belum pernah dicapai oleh siapapun. jangkauan peradaban perdaganganya sangat panjang dari amerika latin ke cina dan dimana-mana diantara keduanya.
    dan peradaban ini didorong lebih dari apapun, oleh penemuan, para arsiteknya merancang bangunan yang menantang gravitasi. matematikawan yang menciptakan aljabar dan alogaritma yang akan memungkinkan pembangunan komputer, dan penciptaan enkripssi. para dokter memeriksa tubuh manusia, dan menemukan obat untuk penyakit baru. para astronom melihat  ke langit, bersama bintang bintang, dan membuka jalan bagi perjalanan dan eksplorasi ruang angkasa. para penulisnya menciptakan roman dan keajaiban. para penyair menulis tentang cinta. ketika orang lain sebelum mereka, terlalu tenggelam dalam ketakutan untuk memikirkan hal-hal tersebut itu.
    ketika bangsa -bangsa lain takut ide-ide, peradaban ini tumbuh subur pada mereka dan membuat mereka hidup. saat sensor mengancam untuk menghapus pengetahuan dari peradaban masa lalu, peradaban ini terus hidup dengan pengetahuan dan memberikanya pada orang lain. sementara peradaban barat modern memiliki banyak sifat-sifat ini, peradaban yang saya bicarakan adalah dunia islam dari tahun 800-1600, yang termaksut kekhalifaan (khilafah) ottoman dan pengadilan baghdad, damaskus dan kairo, dan penguassa tercerahkan seperti “Sulaiman The Magnificient.”
    meskipun kita sering tadak menyadari hutang kita ke peradaban ini, dengan hadiah sangat banyak bagian dari warisan kita, teknologi industri tidak akan eksis tanpa kontribusi matematikawan islam. sufi penyair-filsuf seperti rumi mdnantang gagasan tentang diri kita dan kebenaran. pemimpin seperti sulaimman berkontribusi terhadap gagasan kita roleransi  dan kepemimpinan sipil.
dan mungkinn kita dapat belajar  suatu pelajaran dari contoh: ini adalah  kepemimpinan berdasarkan meritokrasi, bukan warisan. itu adalah kepemimpinan yang memanfaatkan kemampuan penuh dari populasi yang sangat beragam termaksut kristen, islam, dam trdisinya yahudi.
    Semacam inilah kepemimpinan tercerahkan- kepemimpinan yang dipupuk budaya, keberlanjutan, keanekaragaman dan keberanian- mengarah ke 800 tahun penemuan dan kemakmuran.
" Dalam forum technology,business, and our way of life:what's next ",26 september 2001.

2.  Jonathan bloom and  Sheila Bhair:
    Rata-rata tingkat kemampuan literasi (kemampuan melek huruf membaca dan menulis)  dunia islam diabad pertengahan lebih tinggi daripada Byzantium Dan Eropa. Karya tulis ditemukan di setiap tempat dalam peradaban ini.

3.  Montgomery Watt:
    Cukup beralasan jika kita menyatakan bahwa peradaban eropa tidak dibangun oleh prosesregenerasi merekasendiri. Tanpa dukungan  peradaban islam yang menjadi dinamonya , barat bukanlah apa-apa.

4. Barack Obama:
    Peradaban berhutang besar kepada islam. Islamlah-ditempat tempat seperti universitas al-azhar-yang mengusung lentera ilmu selama berabad-abad serta membuka  jalan bagi era kebangkitan kembali dan era pencerahan eropa. Inovasi dalam masyarakat muslimlah yang mengembangkan aljabar, kompas, magnet dan alat navigasi. Keahlian dalam menggunakan pena dan percetakan  dan pemahaman mengenai penularan penyakit dan penangananya. Budaya islam telah memberi kita gerbang - gerbang yang megah dan puncak-puncak menara yang menjunjung tinggi, puisi-puisi yang tak lekang oleh waktu dan musik yang dihargai. Kaligrafi yang anggun dan tempat-tempat untuk melakukan kontemplasi secara damai. Sepanjang sejarah, islam telah menunjukan melalui kata-kata dan perbuatan bahwa toleransi beragama dan persamaan ras adalah hal-hal yang mungkin.
Pidato 5 juli 2009 (http//:jakarta.usembassy.gov.)

 5. Denisen Ross:
    Hendaklah diingat,  al-Quraan memegang peranan yang lebih besar bagi kaum muslim dari pada bibel dalam agama kristen. Ia bukan saja kitab suci dari kepercayaan mereka , tetapi juga merupakan text-book dari upacara agamanya dan prinsip-prinsip hukum kemasyarakatan. Demikianlah, setelah melintasi masa selama 13 abad al Quran tetap merupakan kitab suci bagi seluruh turki, iran, dan hampir seperempat penduduk india. Sungguh sebuah kitab seperti ini patut dibaca meluas di barat, terutama di masa kini.

 6. Jacques C. Reister:
    Selama lima ratus tahun islam menguasai dengan kekuatannya, ilmu pengetahuan dan peradabanya yang tinggi.

7.  Emmanuel Deutscheu, Sejarahwan Barat Asal Jerman:
    Semua ini ( yakni kemajuan peradaban islam) telah memberikan lesempatan baik bagi kami untuk mencapai kebangkitan (renneseincea) dalam ilmu pengetahuan modern. Karena itu sewajarlah kami senantiasa mengucurkan air mata tatkala kami teringat akan saat-saat akan jatuhnya granada. (granada adalah benteng terakhir kekhilafaan islam di andalusia yang jatuh ketangan orang-orang eropa).

8. Will Durant:
    Selama 14 abad dibawah naungan khilafah terjadi sebuah peradaban agung yang sangat luar biasa. Dalam bukunya yang berjudul “ the story of civilization ”  dia mengekspresikan sebagai berikut:
  • Jaminan Atas Keamanan Dunia
Para khilafah telah memberikan keamanan kepada manusia hingga batas yang luar biasa besarnya bagi kehidupan dan usaha keras mereka. Para khilafah itu juga telah telah menyediakan berbagai peluang bagi siapapun yang memerlukannya dan memberi kesejahteraan selama berabad-abad dalam keluasan wilayah yang belum pernah tercatat  lagi fenomena seperti itu setelah masa mereka. Kegigihan dan kerja keras mereka menjadikan pendidikan menyebar luas sehingga berbagai ilmu, sastra, falsafah dan seni mengalami kejayaan luar biasa, yang menjadikan asia barat sebagai bagian dunia yang paling maju peradabanya selama lima abad.
  •  Menyatukan Umat Manusia
Agama islam telah menguasai hati ratusan bangsa di negeri-negeri yang terbentang mulai dari cina, indonesia, india, hingga persia, syam, jazirah arab, mesir bahkan hingga maroko dan spanyol. Islam pun telah memiliki cita-cita mereka, menguasai akhlaknya, membentuk kehidupanya dan membangkitkan harapan ditengah-tengah mereka, yang meringankan urusan kehidupan maupun kesusahan mereka. Islam telah mewujudkan kejayaan dan kemulian bagi mereka sehingga jumlah orang yang memeluknya dan berpegang teguh padanya saat ini (1926) sekitar 350 juta jiwa . Agam islam telah menyatukan mereka dan melunakan hati hatinya walaupun ada perbedaan pendapat












0 comments:

Posting Komentar

Followers