Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Translate

Blog links

Kamis, 19 April 2012

Konsep Lokasi

A. Konsep Lokasi.
    Konsep Geografi adalah unsur penting dalam geografi untuk memahami kejadian atau fenomena yang terjadi dalam dunia geografi. Penjabaran fenomena ini selalu berkaitan dengan penyebaran, relasi, fungsi, bentuk dan proses. Konsep geografi (Nursid Sumaatmadja) adalah pola abstrak yang berkenaan dengan gejala-gejala konkret tentang Geografi. Konsep lokasi atau letak merupakan konsep utama yang sejak awal pertumbuhan geografi telah menjadi ciri  khusus ilmu atau pengetahuan geografi. Konsep letak merupakan jawaban atas pertanyaan pertama dalam geografi, yaitu dimana? Konsep Geografi secara denotative dapat menjelaskan berbagai pengertian gejala Geografi berdasarkan definisi atau kamus. Contoh : Erosi merupakan proses pelepasan dan pemindahan massa batuan secara alami dari suatu tempat ke tempat lain oleh suatu zat pengangkut yang bergerak di atas permukaan bumi. yaitu letak di permukaan bumi, misalnya Gunung Bromo terletak di Jawa Timur. Konsep Lokasi; yaitu letak di permukaan bumi, misalnya Gunung Bromo  terletak di Jawa Timur. Konsep adalah pengertian dari sekelompok fenomena/gejala-gejala, sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan berbagai gejala/fenomena yang sama. Ada 10 konsep esensial (dasar) geografi, yaitu: Konsep Lokasi : Letak suatu tempat di permukaan bumi.
1. Lokasi Absolut : Tempatnya tetap.
2. Lokasi relative : tempatnya (kedudukan atau bentuk)  biasanya berubah karena faktor tertentu

B. Lokasi Absolut Menurut Konsep Dasar Geografi
    Lokasi absolut adalah lokasi yang berkenaan dengan posisi menurut koordinat garis lintang dan garis bujur (letak astronomis) atau letak yang sebenarya berdasarkan garis lintang. Lokasi absolut suatu tempat dapat diamati pada peta.Lokasi absolute menunjukkan letak yang tetap terhadap system garis (kisi-kisi) atau koordinat. Untuk menentukan lokasi absolute di muka bumi, digunakan system koordinat garis lintang dan bujur yang biasa disebut letak astronomis. Letak absolute bersifat tetap, tidak berubah, meskipun kondisi tempat yang bersangkutan terhadap sekitarnya tidak berubah. Lokasi absolut berkaitan dengan garis lintang dan bujur, sementara lokasi relatif merupakan lokasi yang dilihat dari wilayah lain. Contoh lokasi absolut, Indonesia terletak pada 95º - 141º derajat Bujur Timur.

C. Lokasi Relatif  Menurut Konsep Dasar Geografi.
    Lokasi relatif lebih penting artinya dan lebih banyak dikaji dalam geografi serta lazim disebut sebagai letak geografis. Artinya lokasi ini berubah-ubah kaitannya dalam keadaan sekitar. Lokasi yang tergantung pengaruh daerah sekitarnya dan sifatnya berubah, lokasi suatu tempat yang bersangkutan terhadap kondisi wilayah-wiayah lain yang ada di sekitarnya. lokasi relatif adalah lokasi yang dipengaruhi oleh kondisi fisik, sosial, ekonomi, budaya, dan keberadaan sarana transportasi dengan daerah sekitarnya. Misalnya, Indonesia terletak di antara dua samudra dan dua benua, serta dilalui oleh dua jalur pegunungan dunia. - Lokasi Relatif Lokasi yang artinya berubah-ubah karena dipengaruhi daerah sekitar. Contoh : Bagi seseorang yang tinggal di Kec. Kepanjen, lokasi Stadion Kanjuruhan tidaklah jauh. Namun menurut orang yang tinggal di Kota Batu lokasi Stadion Kanjuruhan cukup jauh. Contoh lokasi relatif: Indonesia berada dekat dengan Malaysia.


0 comments:

Posting Komentar

Followers